Alternatif


MENYEMBUHKAN PENYAKIT


DENGAN OLAH PERNAFASAN


 

Bagaimana Kita Bernafas

Pada saat kita bernapas, terjadi hal-hal yang amat menakjubkan. Setiap udara yang kita hirup merupakan sumber kehidupan bagi manusia lainnya, sesungguhnya seluruh kehidupan lainnya yang ada di planet ini sangat tergantung pada udara yang kita hirup. Dengan kemampuan pernapasan yang kita miliki, kita menjadi satu bagian tak terpisahkan dari alam secara keseluruhan. Pepohonan dan mahluk hidup lainnya menghirup karbondioksida yang kita hembuskan dan mengubahnya menjadi oksigen yang pada gilirannya menjadi sumber utama kehidupan kita.

Melalui sirkulasi gas-gas di atmosfir, realitas seluruh planet mengungkapkan keberadaan mereka dengan implikasi-implikasi yang sangat dahsyat pada kehidupan manusia. Pandangan komprehensif ini menggaris bawahi penyembuhan holistic yang tidak kalah pentingnya di bandingkan penyembuhan ekologis itu sendiri. Anatomi dan fisiologi sistem pernafasan merupakan inti integrasi dan keseluruhan yang amat kompleks dan mengagumkan.

          Setiap menit kita menghirup dan menghembuskan nafas sebanyak 10 sampai 15 kali. Itu berarti hampir 25.000 kali dalam sehari. Melalui pernafasan, tubuh mengekstrasi oksigen yang di butuhkan dari udara dan mengeluarkan karbondioksida dari darah. Hampir 10.000 liter udara yang kita hirup setiap hari semuanya terdiri atas oksigen dan nitrogen. Udara itu juga mengandung gas-gas lainya dalam jumlah yang kecil, juga bakteri-bakteri dan virus-virus, asap rokok, asap mobil dan polutan-polutan lainnya.

          Sesungguhnya hanya seperlima udara yang kita hirup mengandung oksigen, tapi proporsi sekecil ini yang sebenarnya dibutuhkan tubuh kita untuk bertahan hidup. Setiap sel dalam tubuh kita menggunakan oksigen untuk mengekstraksi energi yang tersimpan dalam makanan. Sungguh mustahil mengabaikan arti penting oksigen dalam kehidupan kita. Memang ada beberapa sel yang bisa berfungsi tanpa oksigen meski dalam waktu yang relatif singkat, tapi hampir semua sel memerlukan suplai oksigen secara konstan dan kontinu. Sel-sel otak akan mati jika tidak mendapat suplai oksigen dalam beberapa menit, dan ingat kerusakan sel-sel otak tidak bisa diperbaiki.

          Sistem pernapasan dan sirkulasi tubuh menyuplai sel-sel tubuh dengan oksigen. Proses ini dikendalikan oleh bagian otak yang disebut medulla oblongata, yang mengatur ritme pernafasan dengan cara memadukan pesan-pesan tentang komposisi darah dengan signal-signal lainnya.

 

Bagaimana Terapi Pernafasan Bisa Menyembuhkan Penyakit

Saat pengobatan medis tidak lagi mempan untuk melawan penyakit, pasien biasanya beralih pada pengobatan alternatif, mulai dari akupuntur, pijat refleksi, reiki, akupresur mengonsumsi berbagai jenis ramuan dari tanaman obat, hingga mengandalkan kekuatan doa.

Dari banyak jenis terapi, pernapasan adalah salah satu terapi yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari sesak napas hingga penyakit kanker. lewat kemampuannya memperlancar peredaran darah. Hubungan olah pernafasan dengan penyembuhan penyakit ini sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah. Sebagai contoh mungkin kita pernah melihat ada orang yang bisa “menyuruh” benda untuk bergerak menuruti  perintah pikiran tanpa menyentuhnya. Menurut Lilik Hendrajaya, Deputi Perkembangan Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) yang juga mantan rektor ITB, kejadian semacam itu bukan merupakan keajaiban. Hal itu terjadi karena dampak dari kekuatan pikiran atau kekuatan yang menggerakkan sensor motorik manusia. Kekuatan ini dapat bermanfaat untuk membuat metabolisme tubuh berfungsi baik. Kekuatan pikiran ini adalah salah satu terapi penyembuh alternatif yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Dan terapi ini kerap efektif dipakai oleh sejumlah orang untuk menyembuhkan penyakit orang lain.

Tubuh kita adalah medan magnetik. Sehingga energi yang digerakkan oleh kekuatan pikiran ini bisa ditangkap oleh tubuh yang memiliki pancaran medan magnet. Untuk memperkuat penjelasan ini, Lilik mengurai detail teori fisika tentang spektrum elektromagnetik. Dijelaskan bahwa bagian tubuh manusia yang dapat menghasilkan medan magnet secara signifikan adalah darah, khususnya haemoglobin (butir darah merah). Haemoglobin adalah senyawa organik berupa rantai protein panjang yang mengandung atom besi (Fe) yang tersimpan dalam struktur datar dan dapat mengikat oksigen udara dari paru-paru. Haemoglobinlah, yang mempunyai sifat magnetik elementer, artinya mengandung kutub utara maupun selatan dari medan magnet.

Menurut Lilik, terapi pernapasan dapat menjadi solusi penyembuh beragam penyakit akibat fenomena haemoglobin ini. Saat kita menahan napas, maka oksigen di dalam paru-paru makin lama makin berkurang karena diambil oleh atom besi dari darah. Ini membuat haemoglobin “berbaris antre” sehingga dapat mengambil oksigen secara teratur dan tepat. Bentuk barisan inilah yang membuat benda asing yang masuk mudah terdeteksi. Jika benda tersebut organisme maka akan diserang oleh darah putih, sedangkan jika benda tersebut anorganik maka akan dioksidasi oleh oksigen yang ada dalam darah. Semua ini terjadi jika kita rutin melakukan pernapasan. Dengan menghirup napas dan mengeluarkannya pelahan.

Sementara jika kita melakukan pernapasan biasa, maka arah molekul struktur darah akan acak dan menyulitkan identifikasi benda asing yang masuk ke tubuh.


Latihan pernapasan teratur menguatkan medan magnet dan tenaganya. Kekuatan medan magnet inilah yang kemudian dijadikan media pengobatan terapi seperti Prana. Syaratnya, antara sumber dan penerima harus terjadi tuning. Tuning merupakan kondisi pencocokan antar sumber dan penerima. Dalam aktivitas ini terjadi pengarahan spin elektron (magnetik) dari penerima searah dengan medan sumber (induksi). Karena proses aliran ini maka masing-masing sumber dan responden akan mengalami sesuatu. Ini yang kemudian dipakai sebagai metode penyembuhan berbagai penyembuhan.

Berdasarkan pengalaman, sejumlah penyakit yang berhasil disembuhkan dengan metode prana adalah sesak napas, radang tenggorokan, kelebihan asam lambung, tumor dan kanker, lumpuh, gagal ginjal, penyakit indung telur, sakit di simpul saraf tulang belakang, dan sebagainya.

Dalam kategori pengobatan tradisional, menurut definisi Departemen Kesehatan, prana dimasukkan dalam jenis terapi supranatural. Uniknya, Lilik dapat menjelaskan sisi ilmiah dari pengobatan tersebut. Sementara jenis pengobatan tradisional lainnya adalah terapi berdasarkan keterampilan (akupuntur, pijat refleksi, dan sebagainya), ramuan (gurah, ular kobra, obat dari tanaman obat), agama, dan supranatural (prana, paranormal, rieky, dan lain-lain).



Depkes Susun Penelitian Olah Raga Pernafasan

Dalam rangka penyusunan pedoman penelitian pengobatan tradisional, Departemen Kesehatan beberapa waktu yang lalu mengundang guru besar dan pendiri salah satu olah raga pernapasan. Hal yang sama sebelumnya juga dilakukan oleh Kementrian negara Riset dan Teknologi Deputi Bidang Perkembangan Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sehubungan dengan niat serius pemerintah melalui kementerian Riset dan Teknologi untuk meneliti Ilmu Tenaga Dalam secara ilmiah. Hasil riset tersebut diharapkan dapat melengkapi ilmu kedokteran konvensional.

Departemen  Kesehatan mengharapkan penelitian ini nantinya akan digunakan untuk standarisasi penapisan, pengkajian, penelitian, pelayanan, dan pendidikan dalam bidang pengobatan tradisional.

Standarisasi ini bertujuan untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif, sehingga masyarakat memperoleh pengobatan yang aman, dan manfaat yang dapat dipertanggungjawabkan. Depkes akan menjadi fasilitator untuk pembentukan organisasi profesi pengobatan tenaga dalam dan selanjutnya nanti akan mendata seluruh sentra pengobatan tenaga dalam yang kemudian menerbitkan surat izin serta pembinaan dan pengawasan bagi mereka yang memenuhi persyaratan standar sesuai hasil penelitian tersebut di atas

 

Tips Mengolah Pernapasan

Mengolah pernapasan berarti mengatur cara dan frekuensi bernapas agar lebih efisien. Dengan menghirup udara (oksigen) perlahan-lahan dalam hitungan 15 kemudian melepaskannya kembali pelan-pelan juga dalam hitungan 15, kita bisa menahan oksigen dalam badan lebih lama


daripada biasanya. Oksigen akan dipakai oleh organ tubuh secara efektif, walaupun jumlahnya cuma sedikit.

Selama ini kita bernapas dengan frekuensi yang tidak teratur. Kadang lambat, kadang cepat. Oksigen yang dihirup juga cepat keluar lagi. Belum sampai dimanfaatkan dengan baik, sudah keburu keluar. Dalam satu menit kita benapas lima kali atau lebih.

Tetapi, dengan latihan teratur frekuensi bernapas itu bisa kurang dari lima kali dalam semenit. Setiap kalinya selalu dalam, dan berdaya guna. Akibatnya, oksigen yang dihirup cukup sedikit saja, tetapi sudah efektif. Organ tubuh akan menyesuaikan diri dengan ketersediaan oksigen yang sedikit ini, dan itu justru menguntungkan tubuh. Sebab, dengan oksigen sedikit, tetapi toh sudah efektif,  tubuh tidak kebanjiran hasil pernapasan berupa CO2 banyak-banyak, yang tidak baik bagi kesehatan.

Untuk memaksimalkan keuntungan dari terapi pernafasan ini, beberapa ahli menyarankan tiga hal sederhana yang dapat anda praktekkan: 

  • Memperlambat irama pernapasan secara umum
  • Meningkatkan kapasitas total (kepenuhan) tiap kali bernapas, terutama saat menghembuskan napas
  • Rilekskan otot-otot dada, punggung dan diafragma.


Mempraktekkan tips-tips tersebut dipercaya dapat memperpanjang usia, demikian klaim sejumlah ahli pernapasan. Berikut adalah sejumlah klaim yang diajukan oleh para terapis pernapasan itu:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menyembuhkan asma
  • Melindungi dari penyakit-penyakit degeneratif
  • Memberi energi dan menjernihkan pikiran
  • Melancarkan pernapasan
  • Meningkatkan performa atletik
  • Mengatasi keluhan-keluhan umum, mulai dari wasir hingga ‘hot flashes’

Bernapas seolah-olah mampu melintasi semua garis pembatas. Menurut seorang ahli pernafasan, pernafasan memberikan keuntungan fisik dan emosional, juga psikologis dan spiritual. .(Adi, dari berbagai sumber)

 

LAYANAN KAMI


  1. Klinik Herbal
  2. Balai pengobatan Herbal
  3. Konsultasi Pengobatan
  4. Obat-obat Herbal
  5. Kebun Tanaman Obat
  6. Pelatihan Tanaman Obat
  7. Agrowisata Tanaman Obat
  8. ...
Layanan Lain

AGENDA

November 2017
MSSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930